Program TLC Putra Sampoerna Foundation Tingkatkan Kualutas Tenaga Didik di Sultra

Sekilassultra.com, Kendari – Putera Sampoerna Foundation (PSF) melalui inisiatif School Development Outreach berupaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dalam program Teacher Learning Center (TLC)

Kepala program TLC PSF, Jani Natasari mengatakn, program tersebut bertujuan untuk menyiapkan guru-guru terbaik untuk menjadi fasilitator yang diharapkan dapat menularkan praktik mengajar berkualitas kepada guru lainnya.

” hal ini kami yakini sebagai solusi untuk menyikapi keterbatasan akses guru dalam mendapatkan layanan pengembangan profesi,” ungkap Jani Natasari, Rabu (13/12).

Jani Menyebut, program ini telah hadir sejak 2021 untuk memberikan pelayanan pendidikan profesi guru yang berkelanjutan dan terjangkau sehingga dapat menjadi komunitas belajar yang unggul dan inovatif.

“Ada proses dalam program ini, mulai perekrutan di 2021. Lalu 2022 pengembangan sistem dan 2023 penguatan sistem. Di 2024 nanti inti implementasi program keberlanjutan dan kemandirian dalam menjalankan peran dalam mendukung dunia pendidikan,” jelasnya

Menurutnya, melalui program ini ada perubahan-perubahan dalam sistem pembelajaran yang menyenangkan dan komunikatif.

“Sehingga tercipta timbal balik yang produktif antara pengajar dan siswa,” tutur Jani.

Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kendari sekaligus koordinator TLC Ruslan mengatakan, pada program TLC di Sultra, terdapat delapan sekolah yang telah menjadi mitra yakni SMAN 1 Kendari, SMAN 5 Kendari, SMAN 4 Kendari, SMAN 3 Kendari, SMAN 10 Kendari, SMAN 11 Kendari, SMAN 6 Kendari, dan SMKN 3 Kendari.

“Kendari hampir semua sekolah sudah tersentuh program TLC. Sekitar kota Kendari juga ada, beberapa SMA di Konsel dan Konawe,” tukas ruslan

 

 

Penulis: Hamit