Tutor Endus Praktik Curang Sulap Nilai di Universitas Terbuka Kendari

Sekilassultra.com, KENDARI – Salah satu tutor Universitas Terbuka (UT) Kendari berinisial RS. Mengendus praktik curang manipulasi nilai yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab di Universitas Terbuka Kendari, Rabu (4/10).

Dia (RS), mengaku hal tersebut terungkap ketika dirinya menemukan nilai mahasiswa yang telah diinput disitus resmi universitas olehnya telah mengalami perubahan

“Saya kaget kenapa ada pergantian nilai, setelah saya upload melalui platform Learning Management System (LMS) aplikasi khusus milik Universitas Terbuka (UT) ini kok berubah, sedangkan nilai yang telah diinput itu sudah tidak ada perubahan sama sekali,” jelasnya saat memberikan keterangan, Selasa, 3 Oktober 2023 malam.

Merasa janggal, sehingga dirinya langsung mengonfirmasi ke pihak UT Kendari, lalu disarankan untuk membuat aduan dengan menyertakan bukti.

Ia menjelaskan, untuk mengupload nilai mahasiswa melalui aplikasi khusus Universitas Terbuka Kendari, setiap tutor telah diberikan kode aksesnya berupa kata sandi, akan tetapi setelah saya cek kembali ada perubahan nilai yang tidak sesuai dengan hasil penilaian saya sebagai tutor yang memang bertanggungjawab penuh atas nilai mahasiswa yang diubah.

“Setelah laporan saya diterima, kemudian tim investigasi Universitas Terbuka Pusat turun dan menemukan fakta bahwasanya memang ada yang sengaja mengubah nilai mahasiswa saya,” ucapnya.

Ia menambahkan, pada dasarnya nanti akan ketahuan oleh UT Pusat, jika ada yang mengakses aplikasi untuk mengganti nilai mahasiswa seperti asal daerah, Internet Protocol addres (IP), dan menggunakan perangkat apa, laptop, handphone dan lainnya.

“Saya juga diperiksa oleh tim Universitas Terbuka (UT) Pusat. Pemeriksaan saya hanya mau mencocokan data saya, karena rekam jejak digitalnya ada semua termasuk laptop yang login, id yang login, gunakan akun apa pasti ketahuan jadi hanya mereka cocokan saja, setelah itu pihak UT Pusat yang tindaklanjuti,” pungkasnya

Sementara itu, hingga berita ini diterbitkan awak media ini masih berusaha mengonfirmasi pihak Universitas Terbuka Kendari dan pihak-pihak terkait lainnya.