Aktivitas PT BEM di Moramo Belum Kantongi Dispensasi Penggunaan Jalan Umum

KENDARI – Salah satu perusahaan tambang pasir silika yang berada di Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bernama PT Bintang Energi Mineral (PT BEM) dikabarkan belum mengantongi dispensasi penggunaan jalan.

Kabar itu berdasarkan pengakuan Staf Seksi Preservasi Balai Pelaksanaan Jalan Nasional

(BPJN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Arvi Bangalino.

Kata Arvi Bangalino, saat ditemui diruang kerjanya soreh tadi, (6/10/2023) mengatakan, bahwa PT BEM belum mengantongi dispensasi jalan.

“Saat ini mereka (PT BEM) sementara mengurus, dan seharusnya sebelum melakukan aktivitas setiap perusahaan mesti memiliki dispensasi penggunaan jalan,” kata Arvi Bangalino.

Ia menjelaskan, yang dimaksud dengan dispensasi adalah salah satu prasyarat menggunakan jalan bagi tiap perusahaan yang melakukan aktivitasnya menggunakan jalan umum.

“Dua syarat pemberian dispensasi, yaitu jalan tidak rusak dan tidak kotor, makanya mesti dilakukan pembersihan ataupun penyiraman dan kendaraan yang melewati tidak boleh ODOL (Over Dimension and Over Load),” ungkapnya.

Arvi Bangalino bilang, yang akan melakukan penindakan terkait aktivitas tersebut yaitu dari Tim Penegakan Hukum (Gakkum).

“Untuk penindakan itu ada di Gakkum, pusatnya di Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, disitu ada semua instansi terkait,” tandasnya.

Sementara, hingga berita ini diterbitkan awak media ini masih mencoba mengonfirmasi pihak PT BEM dan pihak-pihak terkait lainnya.