Desa Wantulasi Mewakili Kecamatan Wakorut Dalam Ajang Lomba Desa Tingkat Kabupaten Butur, Ketua TP PKK Mengecek Setiap Dasa Wisma Di Desa Wantulasi

Ketgam: Foto bersama Ketua TP PKK Kabupaten Butur Ibu Muniarty M Ridwan dan Ibu Kelompok Dasa Wisma Jambu Biji Dan Buah Sirsak dirumah singgah Lorong Kerikil 

Sekilassultra.com , Buranga – Desa Wantulasi Wakili Kecamatan Wakorumba Utara dalam lomba 10 program PKK tingkat Kabupaten Buton Utara, Propinsi Sulawesi Tenggara.

Tim penilai dari kabupaten yang dipimpin langsung oleh Ketua PKK Butur, Muniarty M Ridwan bersama Bupati, Muhammad Ridwan Zakariah, Plt Kadis PUPR, Mahmud Buburanda dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup mendatangi Desa Wantulasi, Rabu (19/9/2023).

Ketua TP PKK Butur, Muniarty M Ridwan dalam sambutannya mengatakan, rombongan Tim TP PKK dari kabupaten telah hadir dalam bentuk silahturahim antar desa, kecamatan dan kabupaten.

“Ada 93 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Buton Utara. Saya melihat Desa wantulasi ini banyak berkembang dan sangat berubah. Sangat beda sewaktu saya datang atau berkunjung dalam kegiatan reses pada tahun 2016 yang lalu”, sanjungnya.

Dirinya melihat, perkembangan tersebut tidak lepas dari antusias masyarakat Desa Wantulasi yang sangat tinggi dalam membangun dan menata desa.

“Dari enam desa setiap perwakilan kecamatan di Butur. Hanya dua desa saja yang saya langsung hadiri, yaitu Desa Karya Mulia dan Wantulasi, yang lain saya tidak sempat hadir karena kegiatan lain yang tidak bisa saya tinggalkan,” katanya.

Namun walau begitu, semua tidak mengurangi dalam penilaian 10 program PKK. Untuk itu, pada lomba 2024 mendatang dirinya berharap masyarakat Desa Wantulasi aga tetap semangat dalam mengawal 10 program PKK.

“Mudah-mudahan desa ini bisa melaju ditingkat Provinsi Sultra bahkan dapat bersaing di tingkat Nasional,” harapnya.


Foto: saat ketua TP PKK Kabupaten Butur ibu Muniarty M Ridwan didampingi kepala Desa Wantulasi Zhamani mengunjungi rumah singgah Di Lorong Kerikil 

Sedangkan, Bupati Buton Utara, Muhammad Ridwan Zakariah mengatakan, kegiatan ini terlaksana dengan baik dan terjadwal.

“Sebenarnya saya bersama Kadis PUPR dan Kadis Lingkungan Hidup tidak sengaja harus ketemu ibu ditempat ini. Karena tujuan kami sebenarnya adalah melihat potensi wisata yang ada di Kecamatan Wakorumba Utara ini,” katanya.

“Saya sangat tertarik dengan adanya air sungai yang ada disini yang tak pernah kering meski itu musim kemarau. Oleh karena itu, kita harus manfaatkan dengan baik sehingga kita harus buat untuk tempat wisata di sana,” sambungnya.

Dirinya melihat, lomba 10 program PKK penting, mengingat peran perempuan sangat dibutuhkan dalam pembangunan.

“Saya menghimbau mari kita bersama-sama untuk bangun daerah kita ini melalui peran perempuan dalam kegiatan 10 program PKK,” pintanya.

 

Foto bersama kelompok dasa wisma jambu biji dan kelompok buah sirsak dengan kode tolak “Stunting”.

Ditempat terpisah Ketua RT Dusun II Irawan mengatakan melalui kegiatan seperti ini wajah desa wantulasi sangat berubah dari sebelum-sebelumnya. Sekarang ini Desa Wantulasi seperti disulap akan keindahannya.

Dan melalui kegiatan 10 program PKK ini juga semangat gotong royong didalam diri masyarakat telah terpupuk kembali dalam membuat kelompok toga maupun membuat rumah singgah di setiap dasa wisma.

Saya juga berharap kedepannya kebersihan, keindahan, kekompakan dalam bergotong royong tetap terjaga agar kita menjadi lebih baik lagi, harap Irawan.

 

 

Editor: SD1991