Jetty Masyarakat di Marombo Pantai Kembali Digunakan Muat Ore Nikel

Sekilassultra.com, Konawe Utara – Pelabuhan khusus atau jetty milik masyarakat di Desa Marombo Pantai, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara (Utara) kembali dibuka untuk melakukan pemuatan hasil pertambangan nikel.

Padahal, Jetty tersebut telah dipasangi plang sebagai larangan untuk melakukan aktifitas.

Namun yang terjadi, sejak beberapa hari lalu nampak sebuah kapal tongkang bertuliskan Nelly Anugrah 2 tengah terparkir di Jetty tersebut, sementara puluhan mobil Dump Truck sedang sibuk bolak-balik melakukan proses pemuatan Ore Nikel.

Kepala Desa Marombo Pantai, Udin saat dikonfirmasi melalui WhatsApp pribadinya tidak merespon pesan yang dikirim oleh awak media ini.

Sementara itu, Terkait Ore Nikel yang dituding berasal dari stockpile PT Mitra Utama Resources (MUR) juga dibantah melalui salah satu Penanggung Jawabnya, Wawan.

Kata Wawan, sampai saat ini di Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) PT MUR sedang tidak ada kegiatan, karena Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) perusahaannya belum keluar dari Kementerian ESDM.

“Saya sudah pastikan ke anggota di lapangan bahwa tidak ada kegiatan di lokasi kami termaksud di stockpile. IUP di sekitar situ kan banyak, bukan hanya MUR doang,” kata Wawan, Selasa (15/8/2023).

Wawan menegaskan, PT MUR merupakan IUP resmi dan perusahaan yang sangat tertib pada semua aturan pertambangan.

“Saya hanya mau menegaskan bahwa tidak ada aktivitas yang dilakukan oleh PT MUR saat ini, karena RKAB nya belum ada,” tandasnya.