RAGAM  

Uu Ruzhanul: Merdeka Belajar untuk Kebebasan Insan Pendidikan Berkreasi

KOTA BANDUNG – Plh. Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi program Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang memberikan kebebasan pada insan pendidikan untuk berkreasi, berinovasi, dan berkolaborasi.

Hal itu dikatakan Uu Ruzhanul saat memimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional 2023 Tingkat Provinsi Jabar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Selasa (2/5/2023).

“Program Merdeka Belajar memberikan kemerdekaan dan kebebasan pada insan pendidikan untuk berkreasi, berinovasi, dan berkolaborasi,” kata Uu Ruzhanul.

Ia juga menyatakan, apa yang diamanatkan oleh Mendikbudristek harus menguatkan  visi misi Jabar Juara Lahir Batin, khususnya dalam bidang pembangunan pendidikan.

Tujuannya untuk meningkatkan pendidikan tetapi tidak lepas dari tujuan pendidikan nasional dan cita-cita Ki Hajar Dewantara.

“Sekalipun diberi kebebasan tetapi ada batasan, supaya semua mengarah pada satu tujuan,” ujarnya.

Uu Ruzhanul menuturkan pula bahwa pendidikan di Jabar harus dibingkai dengan keimanan dan ketakwaan serta harapan para siswa yang memegang teguh tiga slogan orang tua terdahulu, yakni nyunda , nyantri , dan nyakola .

“Anak yang nyunda tahu tentang kesopanan, karakter budaya orang Sunda antara lain silih asih, silih asah, silih asuh, kemudian nyantri adalah beragama memiliki keimanan dan ketakwaan yang hebat, yang dicirikan dengan moral, dan yang, ketiga nyakola , memiliki intelektual yang hebat melebihi rata-rata masyarakat lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, Uu mengapresiasi pelajar yang berprestasi di pentas dunia mengharumkan nama Jabar. Menurutnya, mereka patut diberi apresiasi setinggi-tingginya. “Saya mengucapkan terima kasih kepada siswa yang mengharumkan nama Jabar dari berbagai disiplin ilmu dan kegiatan,  baik seni dan olahraga,” ucapnya.

Caption:

Plh. Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjadi Inspektur Upacara pada Hari Pendidikan Nasional 2023 Tingkat Provinsi Jabar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Selasa (2/5/2023). Upacara tersebut dihadiri pula Ketua TP PKK Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil dan Kepala Dinas Pendidikan Jabar Wahyu Mijaya.